Berita Migas‎ > ‎

Pertamina Akan Akuisisi Blok Migas di Irak

Pertamina Akan Akuisisi Blok Migas di Irak

Selasa, 26 Februari 2013 07:08








Direktur Utama PT Pertamina (persero), Karen Agustiawan (GATRAnews/Adi Wijaya)

Jakarta, GATRAnews - Direktur PT Pertamina (Persero) Karen Agustiawan mengatakan, perusahaan yang dipimpinnya dipastikan mendapat prioritas utama mengakusisi blok minyak dan gas (migas) di Irak sebesar 10-25 persen.

"Memang sudah ada, jadi waktu itu deputy prime minister datang ke sini (Indonesia, Red.), bahwa nanti siapa pun NOC yang akan divestasi, Pertamina mendapatkan prioritas utama, besarannya tergantung, dari 10-25 persen," kata Karen, usai menghadiri penandatanganan kontrak trustee BNI 46 terkait pembayaran hasil penjualan gas dan elpiji Blok Mahakam di kantor SKK Migas, Jakarta Selatan, Senin (25/2).

Menurutnya, keinginan Pertamina mengakusisi blok Migas di Timur Tengah itu sudah disampaikan kepada pemerinta Irak beberapa waktu lalu. Jika terwujud, Pertamina akan menggandeng perusahaan energi lokal Irak atau internasional sebagai operatornya.

"Itu memang dari dulu, itu kan goverment to goverment (G to G) dan kami harapkan bisa bekerja sama dengan NOC. Tidak menutup kemungkinan bekerja sama dengan total di sana (Irak, Red.)," kata Karen.

Sebelumnya, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan mengatakan, Pertamina berencana mengakuisisi satu perusahaan minyak di Irak pada akhir tahun 2013.

"Kita bisa ambil porsi 10-20 persen. Kalau 10 persen itu saja sudah berarti 120.000 barel yang kita peroleh," ujar Dahlan. (IS)

Comments